Pada tulisan kali ini, aku ingin membahas sedikit mengenai sebuah karya seni atau ilustrasi yang cukup populer di Indonesia bahkan mungkin di tingkat dunia yaitu Wedha’s Pop Art Portrait atau biasa disingkat dengan WPAP.

For your information, WPAP adalah sebuah karya seni ilustrasi asli Indonesia, lho ! Karya ini diciptakan oleh seorang seniman asal Cirebon yaitu Bapak Wedha Abdul Rasyid. Pada awal proses terciptanya karya ini, beliau mengalami kesulitan untuk membuat ilustrasi realistis seiring bertambahnya usia beliau dan kemampuan penglihatannya yang menurun. Namun, hal itu tidak memadamkan semangatnya, justru keterbatasan itulah yang memunculkan ide baru dalam menciptakan karya ilustrasi. Karena sulit untuk membuat gambar dengan gaya realis, Bapak Wedha akhirnya memilih untuk membuat ilustrasinya menjadi kaku-rigid, tanpa kurva. Kemudian, Bapak Wedha bereksperimen dengan memberikan warna-warna yang kontras dan harmoni antara satu sama lain. Namun, diluar dugaan hasilnya justru luar biasa.

Untuk mempermudah, saya membuat tutorial kali ini dalam versi video yang kalian bisa tonton dibawah ini :

Ini adalah video dari pembuatan WPAP untuk comission project beberapa minggu yang lalu. Jika masih ada yang kurang jelas atau ingin ditanyakan, silahkan tinggalkan pertanyaan di kolom komentar, ya ! Terimakasih sudah membaca sampai sini , dan sampai jumpa di konten saya yang lain !

Adam Sapta Maulida

adam.s.maulida@gmail.com
instagram : ssaptamaulida